Komentar anda sangat penting! Oleh karenanya, KAMI sangat berterima kasih bagi anda yang tidak SPAMMING di sini. Komentar SPAM, mengandung SARA, dan menyinggung pihak lain akan kami hapus. Terima kasih telah berkunjung.
Kami siap menjadi rekan bisnis anda.... jangan ragu untuk menghubungi kami.

Proses Pemotongan Plat


Pada proses pemotongan plat, alat yang digunakan untuk memotong plat adalah mesin gullotine. Mesin gullotine terdiri dari 2 (dua) jenis yakni mesin gullotine manual dan mesin gullotine hidrolik. Disini alat yang digunakan untuk
praktek pada praktikum proses produksi adalah mesin guillotine manual.Mesin gullotine manual pemotongan pelat dilakukan dengan tuas penekan yang digerakkan oleh kaki si pekerja. pelat yang dapat dipotong di bawah 0,6 mm.
Prinsip kerja mesin gullotine ini menggunakan gaya geser untuk proses pemotongan Pelat yang dipotong diletakkan pada landasan pisau tetap dan pisau atas ditekan sampai memotong pelat. Untuk mengurai besarnya gaya geser sewaktu tejadinya proses pemotongan posisi mata pisau atas dimiringkan, sehingga luas penampang pelat yang yang dipotong mengecil.



Gambar.Posisi Mesin

Hasil pemotongan dari mesin gullotine ini dipengeruhi oleh kemiringan dan kelonggaran (suaian) antara kedua posisi pisau. Untuk mendapatkan hasil pemotongan yang baik tehadap pelat yang dipotong sesuai antara ke 2 mata pisau harus jenis pelat yang dipotong. Sesuai mata pisau yang diizinkan menurut pengujian Feeler Gouges untuk baja dan brass dapat dilihat pada tabel berikut.


Table Ukuran Pisau Mesin Potong Plat

Tidak ada komentar: